Ads (728x90)



Kecelakaan di tempat kerja hampir membuat pria asal cina bernama Xiao Wei kehilangan tangan kanannya. Dilansir dari abc.net.au, tangan pria berumur 25 tahun ini putus karena terkena gergaji mesin penggiling. Kemungkinan dapat disambung kembali pun sangat kecil.

Awalnya, Xiao Wei dilarikan ke rumah sakit lokal, namun mereka tidak mampu menyembuhkan Xiao. Setelah dirujuk ke rumah sakit besar di daerah Changsa, dokter di sana yakin dapat menyambung kembali tangan Xiao.

"Saya kaget dan terdiam saat itu, sampai rekan sekerja saya mematikan mesin dan mengeluarkan tangan saya. Saya masih muda dan tidak bisa membayangkan hidup tanpa tangan kanan," kata Xiao.

Ajaib, Dokter Di Cina Berhasil Mencangkok Tangan di Kaki!
Sumber: abc.net.au

Uniknya, tangan Xiao tidak langsung dipasang di tempat semula, tapi dicangkok di kaki kiri Xiao. 

Alasannya, tangan kanan Xiao mengalami cedera parah dan hampir remuk sehingga harus disembuhkan terlebih dahulu. Agar potongan tangan tersebut "tetap hidup", dokter meminjam kaki Xiao untuk mendapat pasokan darah agar tidak terjadi pembusukan sebelum operasi penyambungan dilakukan.

Ajaib, Dokter Di Cina Berhasil Mencangkok Tangan di Kaki!
Sumber: dailymail.co.uk

Sebulan kemudian, dokter kembali melakukan operasi lanjutan untuk menyambung tangan Xiao di tempat semula. Cairian Healy dari Royal College of Surgeons Inggris mengatakan, prosedur ini sangat langka, mereka bahkan tak bisa membayangkannya.

"China cukup berpengalaman dalam operasi mikro," kata Healy. Menyelamatkan bagian tubuh yang terputus dengan menempelkannya ke bagian tubuh lain memang ada. Namun menurutnya, pergelangan kaki adalah tempat yang sulit untuk mencangkok bagian tubuh. Biasanya, dokter akan memilih ketiak karena pasokan darahnya lebih baik.

Ajaib, Dokter Di Cina Berhasil Mencangkok Tangan di Kaki!
Sumber: abc.net.au

Kasus Xiao bukan kali pertama, ada beberapa kasus lain yang serupa. Misalnya, kasus Zhou yang ditangani dokter di Xianghya Hospital. Mereka juga menanam potongan tangan di engkel kaki. Selain itu, ada juga kasus pencangkokan telinga di kaki pasien.
Comments

Post a Comment