Ads (728x90)



Saya akan share tentang cara menggunakan Easy BCD yang sebelumnya telah saya share pada postingan Sebelumnya, seperti yang telah saya jelaskan bahwa EasyBCD ini merupakan software yang berfungsi untuk mengatur booting, yang mendukung berbagai macam OS (Operating System).

Sebelumnya, saya tegaskan dahulu bahwa contoh yang akan saya paparkan ini adalah dalam hal dual booting, Window dengan Window, lebih tepatnya Window 7 dan Window 8.

Pertama ada dua cara Installasi Dual Booting ini,
  • Install Window Versi lama kemudian Window Versi Baru (Window 7 dulu baru Install window 8)
Untuk cara yang pertama ini memang tergolong sangat mudah karena biasanya tidak perlu lagi mengatur bootingya, karena secara otomatis Booting Window 7 akan langsung terdeteksi. sehingga tidak perlu lagi menggunakan EasyBCD,ini, secara ringkasnya langkah-langkah dari metode yang pertama ini seperti ini.
  1. Install Window 7 sampai selesai.
  2. Install Window 8 sampai selesai
  3. Suksess
  • Install Window Versi Baru kemudian Window versi lama (Window 8 dulu baru install Window 7)
Untuk cara yang kedua inilah yang akan saya bahas lebih dalam, karena biasanya pada saat anda menginstall Window Versi Baru kemudian install Window Versi Lama maka Booting dari window Versi baru tidak akan terdeteksi, dan pada saat anda menghidupkan komputer tidak akan ada pilihan booting apapun. Solusinya ya ini dia anda bisa menggunakan software EasyBCD ini untuk memunculkan pilihan bootingnya, oke mari kita langsung ke tutorialnya.

Langkah Pertama
Pada langkah ini saya asumsikan anda sudah menginstall window 8 dan window 7 nya, karena initi pembahasan tutorial ini adalah untuk memunculkan booting yang tidak ada (dalah contoh ini menu booting window 8).

Langkah Kedua
Pastikan anda sudah menginstall software EasyBCD nya, kalo belum punya, silakan Download dulu Disini, setelah itu jalankan softwarenya, maka akan muncul tampilan seperti dibawah ini.

Keterangan:
Lihat tanda panah pada gambar (klik Add New Entry) maka akan muncul tampilan lagi seperti ini.


Keterangan:
Lihat Panah Sesuai Nomor,
  1. Ini adalah pilihan OS (Operating System), pilih OS yang aka anda tambahkan bootingnya, Karena kita akan menambahkan menu booting Window 8 maka pilih pada window.
  2. Pilih Type/ Versi OSnya, dalam contoh ini kita memilih window 8, samakan denga gambar.
  3. Name (adalah nama OS) ganti nama sesuai keinginan (misal window 8).
  4. Nah ini adalah Drive (local disk), pilih drive dimana sobat menginstall window 8 nya (drive dimana tempat anda menginstall OS yang akan anda tampilkan menu bootnya).
  5. Setelah anda yakin semuanya benar, klik Add Entry
  6. Kemudian Klik Edit Boot menu.
Setelah langkah diatas selesai kini kita akan mengatur Boot menunya, untuk lebih jelasnya lihat gambar berikut ini.

Keterangan:
  1. Jika pada langkah sebelumnya benar, maka akan ada tampilan sepeti terlihat pada gambar yang ditunjukan panah nomor 1.
  2. Ini adalah menu untuk memodifikasi menu entries: UP/Down: menaikan atau menurunkan posisi menu (window 7/8). Rename: Merubah nama Entry. Delete: Menghapus menu entry.
  3. Ini adalah pilihan untuk menentukan mana yang akan menjadi OS default.
  4. Timeout Options (samakan saja dengan yang ada di gambar ya)
  5. Setelah selesai Klik Save setting.
  6. Klik View Setting dan akan muncul seperti gambar dibawah ini
 Keterangan:
  1. Ini adalah hasil configurasi yang kita lakukan pada "edit boot menu".
  2. Ini adalah detail lengkap Os (entry) yang akan muncul pada pilihan menu booting.
Oke sekian dulu ya turorial dari saya, mohon maaf bila banyak terdapat banyak kekurangan, jika ada yang kurang mengerti/ sobat suka dengan artikel saya silakan memberi sepatah dua patahkata di kolom komentar ya, he. Semoga Bermanfaat.

Sumber : http://www.nika-7.com/2013/04/cara-menggunakan-easybcd-cara-dual.html
Comments

Post a Comment