Ads (728x90)



Seperti yang diketahui, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud memang tengah berkunjung di Indonesia sejak 1 Maret lalu. Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin pun bercerita mengenai pengalamannya menemani Raja selama berkunjung di Jakarta bersama Presiden Joko Widodo.

Lukman mengatakan bahwa Raja Salman adalah pribadi yang humoris. Ia pun menceritakan salah satu momen menarik saat Raja Salman melawak di depan Presiden Jokowi. Lawakan itu Raja Salman ungkapkan saat hendak melakukan pertemuan di Istana Bogor, Rabu (1/3) lalu.

Saat itu Raja Salman menyebut fotografer yang mengabadikan pertemuan bilateral dengan istilah saudara setan. "Tapi bahasa bercanda," ungkap Lukman dilansir dari Kompas, Jumat (10/3).

Ungkapan tersebut karena sebagian ulama di Arab Saudi masih beranggapan bahwa fotografer dan juru kamera merupakan pekerjaan yang haram. Untungnya Muchlis Hanafi yang berperan sebagai penerjemah dapat menyampaikan pesan humor itu kepada Jokowi dan semua yang ada dalam pertemuan yang langsung disambut dengan tawa.

Lawakan itulah yang membuat Lukman yakin bahwa Raja Salman adalah pribadi yang supel dan humoris. "Biasanya Raja itu kan kesannya untouchable, tidak tersentuh. Tapi ini beliau orangnya sangat humoris, cepat membuat akrab," tambah Lukman. (wk/kr)
Comments

Post a Comment